6 Jenis Kamera CCTV dan Fungsinya

Supaya Anda tidak salah membeli kamera CCTV, sebelumnya tentu harus mengetahui berbagai macam tipe kamera CCTV yang ada di pasaran berikut ini :

  1. Dome Camera

Dome camera dinamai karena bentuknya seperti kubah atau dome, tujuannya supaya arah CCYV yang tersembunyi tak dapat terlihat secara kasat mata. Jenis kamera dome yang biasa dijumpai di pasaran yaitu tipe fix camera, yakni kamera dengan mengarah hanya pada satu arah saja. Akan tetapi, ada juga kamera dome yang bisa berputar cepat yakni speed dome.

  1. Ptz Camera

Ptz merupakan kependekan dari Pan Tilt Zoom. Adapun PAN sendiri merupakan kemampuan kamera ketika bergerak ke kanan dan kekiri, sedangkan TILT adalah kemampuan kamera untuk bisa bergerak ke bawah dank e atas. Sementara Zoom adalah kemampuan kamera dalam memperbesar gambar sampai beberapa kali lipat. Kamera jenis PTZ ini umumnya dipakai untuk memantau area yang luas memakai 1 kamera. Hal ini mempermudah sistem pengawasan kamera CCTV saat memonitoring area tertentu dengan memakai 1 kamera saja. Hal tersebut dikarenakan PTZ camera bisa berputar secara manual maupun otomatis digerakan lewat controller.

  1. Box Camera

Box camera memiliki kemampuan zoom atau pembesaran objek dengan penempatan sistem pemasangan pengawasan di bidang vertical. Kelemahan kamera jenis ini memerlukan tingkat pencahayaan yang cukup untuk menangkap objek dengan jelas. Bisa memakai infrared menggunakan alat tambahan.

  1. Bullet Camera

Kamera CCTV jenis ini biasanya dipakai di dalam ruangan maupun diluar ruangan, adapun standar yang wajib dipenuhi pada kamera ini yaitu tahan air. Jenis CCTV ini biasanya dipasang di langit-langiat atau dinding. Kamera ini tak didesain dengan zoom control/tilt/pan sebagai kamera tipe fix yang tujuannya untuk menangkap objek dari area tertentu yang tetap.

  1. Day/Nigh Camera

CCTV camera tipe day/night mengubah berbagai macma kondisi cahaya agar bisa disesuaikan dengan cahaya matahari secara langsung, refleksi dengan dynamic range luas, dan backlight yang kuat.

  1. Spy Camera

Dinamai sebagai convert camera atau spy camera sebab kamera CCTV ini ditujukan untuk aktivitas spy atau mata-mata, memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari pulpen, jam, smoke detector, dasi, dan lain sebagainya.

caribbeanconnection2002